Rabu, 30 Desember 2015

30 hari menjadi santri, boleh juga !

Pesantren adalah program belajar dengan seorang kiai atau tokoh agama, dimana dalam program tersebut kita diharuskan untuk bermukim disebuah pondok. Nah kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang program pesantren yang diadakan oleh sebuah yayasan ternama di daerah Bandung, tepatnya di JL. Geger Kalong Girang, Yayasan Daarut Tauhid, daerah belakang Universitas Pendidikan Indonesia... Iya, pondok pesantren milik K.H Abdullah Gymnastiar (Aa' Gym) ini mengadakan program pesantren selama 30 hari.

Program ini diberi nama Dauroh Qolbiyah, pesertanya terdiri dari akhwat dan ikhwan yang berumur 17-40 tahun, bahkan angkatan 61 kemarin ada lhoo peserta yang berumur 41 tahun tapi masih sangat bersemangat buat ikut belajar :)

Nah sebelum kita resmi jadi santri di Yayasan Daarut Tuhid atau jadi santri DQ para peserta diwajibkan untuk ikutan OSPEK, *udah kayak sekolahan aja ya* hehe tenang.... ospeknya cuman 3 hari doang kok, disitu kita dilatih buat jadi calon santri yang tangguh, gak lemah, gesit, percaya diri, dan yakin dengan Allah SWT..







setelah ospek dan orientasi medan, kita dilantik deh jadi santri DQ :)

selama menjadi santri kita wajib mematuhi peraturan yang ada, supaya kita bisa melaksanakan program santri dengan enak dan nantinya dapet banyak manfaat. Beberapa peraturannya adalah, untuk akhwat diwajibkan untuk memakai gamis selama menjadi santri, HP juga ikut dikarantina selama 30 hari *kalo mau telfon orangtua gimana ?* tenang... kita dikasih waktu setiap hari minggu buat nelfon keluarga selama 10 menit, jadi urusan dunia di skip dulu selama 1 bulan selama ikutan program ini... :)

gak ada HP, Qur'an jadi sahabat kita selama 30 hari.

Programnya ngapain aja sih ? 

yaa belajar, belajar, belajar, 

Selama hari senin-jum'at kita ada program kegiatan belajar mengajar di  kelas,nah disini kita dituntut untuk bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, meminimalisir kegiatan yang sia-sia, soalnya jadwalnya lumayan padat, kira-kira seperti ini jadwal setiap harinya :


03.00-04.00 : Bangun, mandi, sholat tahajud
04.00-05.00 : Sholat subuh berjamaah di Masjid
05.00-06.00 : Mendengarkan kajian di Masjid
06.00-08.00 : Sarapan, Cuci Baju, 
08.00-09.30 : Kegiatan Belajar Mengajar
09.30-10.00 : Sholat Dhuha
10.00-12.30 : Kegiatan Belajar Mengajar
13.00-14.30 : Istirahat (biasanya dimanfaatkan untuk tidur)
14.30-15.30 : Sholat Ashar di Masjid
15.30-17.30 : Kegiatan Belajar Mengajar
17.30-19.30 : Sholat Maghrib, Kajian Ba'da Maghrib, Sholat Isya berjamaah di Masjid
19.30-22.00 : Makan, belajar, istirahat
22.00           : Wajib tidur :)


Nah seperti itulah kira-kira jadwal setiap harinya, kita juga diwajibkan untuk mengisi lembar laporan muhasabah, tentang sholat berjamaah, tilawah Qur'an, ikut kajian, melakukan kebersihan, jadi kita bisa ngerti apa yang harus diperbaiki setiap harinya, gimana caranya biar bisa lebih baik lagi dari hari kemarin. Sesama santri juga  hukumnya wajib untuk mengajak dalam kebaikan ! Biar ke Surganya gak sendirian..... :)

Selain KBM, kita juga diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun, terus yang salutnya lagi ilmu 5 S tau kan ? kalo disekolah tuh diajarin, Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun di Daarut Tauhid ilmu ini selalu dipraktekan oleh santri dan ustad jadi segak kenalpun sama selain santri program lain selalu aja mereka senyum, ramah (sesama mahrom lho ya,hehe) 


selama dipesantren dianjurkan untuk puasa senin kamis, beginilah suasana ketika buka puasa, kalau buka puasa di aula masjid daarut tauhid lebih ramai lagi dengan santri tahfidz, santri SMK, dan jamaah lain

TSP : 
- Tahan dari buang sampah sembarangan
- Simpan sampah pada tempatnya 
- Pungut sampah insya Allah sedekah.

   

 *******

Nah kalo untuk hari Sabtu, kita ada kegiatan outdoor biar gak pusing KBM di kelas terus,hehe

1. Rappelling
Akhwat tangguh, gak masalah meskipun pakai rok :)


2. Rihlah adalah sebuah kegiatan menempuh perjalanan panjang, atau dalam istilah Indonesia biasa dikenal dengan hiking. Untuk kegiatan rihlah, kami berjalan kaki menuju Eco Pesantren yang lumayan laah buat olahraga sambil mensyukuri apa yang udah Allah kasih..


 
persiapan menuju Eco....



sesampainya di Eco Pesantren panitia mengadakan beberapa game yang membuat ukhuwah kami semakin erat..


3. Berkuda adalah salah satu kegiatan olahraga sunah, nah asik kan kita belajar naik kuda, untuk awalan kita diberi penjelasan dulu gimana kenalan sama kuda, naik kuda, kemudian menunggangi kuda dengan baik dan benar.






Hari Minggu digunakan untuk Kegiatan Pribadi Santri, biasanya kami beberes asrama, masak-masak, atau boleh juga dijengukin sama sanak saudara..

Selain itu, ada juga kegiatan Mabit yaitu Malam Bina Iman dan Taqwa yang diadakan di luar pondok pesantren Daarut Tauhid, kegiatannya sih untuk muhasabah diri,


setelah muhasabah, kami bermaaf-maafan :")




akhirnyaaaa wisuda setelah 30 hari :D

*****


Cinta dan ukhuwah sangat berguna, terutama saat terjadinya ujian yang sangat keras. Sebab... Seorang anak akan merasakan kesejukan, kelembutan, dan ketentraman kalau pada saat ujian menghebat ia berada bersama saudara-saudaranya.


Kata-kata yang baik, nasihat dalam kebenaran dan kesabaran, senyum ramah, serta simpati yang amat dalam dapat meringankan penderitaan bagaimanapun beratnya ujian itu menimpa. - Syaikh Mustafa Masyhur




untuk info lengkapnya silahkan kunjungi Daarut Tarbiyah 



Selamat Ber-Hijrah,
Selamat Berkuda,
Selamat Memanah,
Selamat bertemu keluarga baru,
Selamat bertemu sahabat yang mengingatkan ke jannah
Selamat berkenalan dengan Allah SWT,
Selamat menimba ilmu,
Selamat mendobrak diri,
Selamat menjalani kegiatan bermanfaat,
Selamat menjadi muslim yang tangguh.

Salam ukhuwah ! :D

5 komentar:

  1. Rima ikut ginian juga? Selama sebulan? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anon, alhamdulillah dikasih kesempatan buat ikut DQ 😆😆

      Hapus
  2. Disana ada laundry gt ga mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaak :D
      Kebetulan dekat dengan kampus UPI Bandung, jadi banyak laundryan yang harganya pas dikantong

      Hapus